KAMI MELAYANI : FOTO UDARA I UNIT & SPAREPART DRONE I HIGH RESOLUTION SATELLITE IMAGERY I TRAINING SURVEY & PEMETAAN I SURVEY TOPOGRAFI & KESESUAIAN LAHAN I ANALISIS GIS

Thursday, July 11, 2019

Download Data DEMNAS & BATNAS BIG


Pada pertengahan tahun 2018, Badan Informasi Geospasial (BIG) telah merilis data DEMNAS (Digital Elevation Model Nasional) dan BATNAS (Batimetri Nasional).

DEMNAS dibangun dari beberapa sumber data, meliputi;
  1. Data IFSAR (resolusi 5 meter)
  2. Data TERRASAR-X (resolusi 5 meter)
  3. Data ALOS PALSAR (resolusi 11,25 meter)
  4. Data Masspoint hasil stereo-plotting
Resolusi spasial DEMNAS sebesar 0,27 arcsecond atau jika dikonversi ke metrik adalah sebesar 8 meter, dengan menggunakan datum vertikal EGM2008. Jika dibandingkan dengan data gratisan seperti SRTM atau ASTER GDEM tentunya DEMNAS jauh lebih baik.
Batimetri Nasional dibentuk dari hasil inversi data gravity anomaly hasil pengolahan data almetri dengan menambahkan data pemeruman (sounding) yang dilakukan oleh BIG, NGDC, BODC, BPPT, LIPI, P3GL dan lembaga lainnya dengan survei single maupun multibeam. Resolusi spasial data BATNAS adalah 6 arcsecond dengan menggunakan datum MSL.
Data gridded BATimetri NASional dari 90 sampai 150BT dan dari 20LS sampai 20LU. Data batimetri ini mempunyai keunggulan di daerah pesisir dan perairan dangkal dengan menggunakan survei dari Pusat Kelautan dan Lingkungan Pantai (PKLP), BIG.

Untuk memperoleh data DEMNAS dan BATNAS tersebut kita hanya perlu mengunjungi situs http://tides.big.go.id/DEMNAS/. Kemudian pilih "Download --> Pilih Pulau (untuk memperoleh data DEMNAS) atau Pilih BATNAS", sehingga akan muncul halaman "Login dan verifikasi email".

Tidak ada menu khusus untuk "Login", langsung pilih saja menu "Download"
Apabila belum terdaftar maka pilih "Register", isi seluruh data yang diminta.


Kemudian cek email konfirmasi yang dikirimkan oleh Tim DEMNAS ke alamat email yang didaftarkan untuk melakukan verifikasi email. Setelah melakukan verifikasi email, maka email sudah dapat digunakan dengan menggunakan password yang dikirimkan.


Kemudian tinggal pilih daerah yang akan didownload.


Selanjutnya tinggal kita proses data tersebut secara digital.


No comments:

Post a Comment