KAMI MELAYANI : FOTO UDARA I UNIT & SPAREPART DRONE I HIGH RESOLUTION SATELLITE IMAGERY I TRAINING SURVEY & PEMETAAN I SURVEY TOPOGRAFI & KESESUAIAN LAHAN I ANALISIS GIS

Saturday, December 12, 2015

MEMBUAT PETA KETINGGIAN (TOPOGRAFI) MENGGUNAKAN PROGRAM APLIKASI GLOBAL MAPPER & ARCGIS

Untuk membuat peta ketinggian (topografi lahan) kali ini, data yang digunakan adalah :
  1. Data citra ASTER GDEM atau bisa juga diganti dengan data citra SRTM
  2. Data shape file area yang dikaji (Area of Interest)
Berdasarkan informasi dari NASA, data citra SRTM terbaru memiliki tingkat ketelitian yang hampir sama dengan data citra ASTER GDEM, yakni 30 meter per pixel. Kedua data citra tersebut dapat didownload secara gratis melalui http://glovis.usgs.gov/

Cara untuk membuat peta ketinggian (topografi) terbagi menjadi 2 bagain :
  1. Memotong data citra ASTER GDEM dan atau data citra SRTM menggunakan program Global Mapper (Caranya Klik Disini)
  2. Mengolah potongan data ASTER GDEM dan atau data SRTM menjadi data/peta ketinggian menggunakan program Arc GIS (Caranya Klik Disini)

2 comments:

  1. Terima kasih min artikelya sangat membantu pembelajaran.
    jangan lupa kunjungi juga web kampus saya ISB Atma Luhur

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kakak atas artikelnya bermanfaat sekali semoga saya bisa menerapkan ilmunya dan bisa saling berbagi.O iya perkenalkan nama saya Deta Ekabrahma, dan nim saya 15115000070, kampus saya ISB Atma Luhur

    ReplyDelete