KAMI MELAYANI : FOTO UDARA I UNIT & SPAREPART DRONE I HIGH RESOLUTION SATELLITE IMAGERY I TRAINING SURVEY & PEMETAAN I SURVEY TOPOGRAFI & KESESUAIAN LAHAN I ANALISIS GIS

Wednesday, December 23, 2015

DOWNLOAD TITIK PANAS (HOTSPOT) TERRA MODIS

Pada saat terjadi kebakaran lahan dan hutan, sangatlah penting mengetahui dimana tepatnya lokasi terjadinya kebakaran. Untuk mengetahui lokasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, kita dapat menggunakan data citra satelit yang telah disediakan secara gratis. Data yang dimaksud tersebut adalah Data Citra Satelit Terra MODIS. Untuk mendapatkannya pun sangatlah mudah, caranya adalah sebagai berikut :
  1. Buka browser internet Anda --> ketikan https://earthdata.nasa.gov/earth-observation-data/near-real-time/firms/active-fire-data atau bisa langsung di klik pada alamat website tersebut, sehingga akan muncul halaman seperti berikut:
    Tampilan
    https://earthdata.nasa.gov/earth-observation-data/near-real-time/firms/active-fire-data
  2. Dari halaman tersebut dapat dilihat bahwa Terra MODIS menyediakan 6 tipe data, yakni: Shapefile, KML, WMS, TXT, Archive Download Tool, Global Fire Maps.
  3. Dalam pembahasan kali ini, kita hanya fokus di format data KML (Keyhole Markup Language), karena kita akan buka format KML ini di program aplikasi Google Earth. Jadi sudah pasti klik format data "KML", sehingga kita akan loncat ke halaman seperti berikut:
    Tampilan Halaman KML
  4. Dari halaman KML ini dapat kita lihat bahwa KML menyediakan 2 macam data dalam rentang waktu berbeda, yakni 24 jam terakhir dan 48 jam terakhir. Data Terra MODIS dalam versi KML ini selalu refresh setiap 2 jam. Data KML ini dapat langsung dibuka melalui Google Earth atau disimpan terlebih dahulu di disk lokal Anda.
  5. Kemudian silahkan Anda pilih lokasi yang akan Anda download, misalnya Anda berada di wilayah Indonesia, maka silahkan pilih "South East Asia" --> kemudian klik "24h" atau "48h". Saya menyarankan pilih "24h" jika Anda akan memantau titik panas secara harian.
    Download Data sesuai Wilayah dan Rentang Waktu
Demikian cara untuk melakukan download data titik panas citra satelit Terra MODIS, selanjutnya silahkan Anda buka data KML tersebut di program Aplikasi Google Earth.

Terimakasih...


No comments:

Post a Comment