KAMI MELAYANI : FOTO UDARA I UNIT & SPAREPART DRONE I HIGH RESOLUTION SATELLITE IMAGERY I TRAINING SURVEY & PEMETAAN I SURVEY TOPOGRAFI & KESESUAIAN LAHAN I ANALISIS GIS

Wednesday, December 23, 2015

MONITORING HOTSPOT (PANTAUAN TITIK PANAS) SECARA GLOBAL

Kebakaran hutan dan lahan mengakibatkan dampak yang sangat buruk bagi kehidupan umat manusia. Dampak langsung yang dapat dirasakan dan dapat langsung diketahui adalah hilangnya aset dan infrastruktur seperti lahan pertanian, lahan perkebunan dan lahan kehutanan. Kebakaran hutan dan lahan juga mengakibatkan hilangnya keanekaragaman hayati dan matinya satwa-satwa hutan. Kerugian secara ekonomi sudah pasti timbul akibat kebakaran hutan dan lahan. Disamping itu, efek negatif bagi kesehatan umat manusia juga sangat dirasakan.

Oleh sebab itu, perlu adanya monitoring hotspot (titik panas) hutan dan lahan agar dapat meminimalisir terjadinya kebakaran. Salah satu monitoring kebakaran hutan dan lahan yang dapat kita peroleh secara global adalah dari SEBARAN TITIK PANAS NUSANTARA yang dibuat oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Salah satu sumber data yang digunakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah data citra satelit Terra MODIS (Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer) dari National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Sebaran Titik Panas Nusantara
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Untuk dapat memantau areal konsesi yang kita miliki secara lebih detil dengan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun, kita dapat menggunakan program aplikasi Google Earth untuk membuka data citra satelit Terra MODIS yang dapat diperoleh secara gratis juga.

Sedangkan langkah-langkah untuk mendapatkan program aplikasi Google Earth dapat Anda pelajari disini, dan untuk mendapatkan data citra satelit Terra MODIS dapat Anda pelajari disini.

No comments:

Post a Comment